ANALISIS KESADARAN DAN PENGETAHUAN ANAK-ANAK TERHADAP GAYA HIDUP SEHAT DI ERA TEKNOLOGI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.38156/sjpm.v2i02.335Keywords:
Kesadaran, pengetahuan, gaya hidup sehat, anak, teknologi digitalAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesadaran dan pengetahuan anak-anak mengenai gaya hidup sehat di era teknologi digital. Era kontemporer ini ditandai dengan penetrasi yang mendalam dari teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, memberikan akses tak terbatas pada informasi dan hiburan. Namun, ketersediaan teknologi ini juga membawa tantangan baru terhadap kesadaran anak-anak akan pentingnya gaya hidup sehat. Metode penelitian ini sosialisasi dan pelatihan terstruktur terhadap sekelompok anak-anak dalam rentang usia 8 hingga 12 tahun. Pengabdian ini memberikan wawasan penting tentang dinamika antara teknologi digital dan kesadaran anak-anak terhadap gaya hidup sehat. Implikasi dari temuan ini termasuk perlunya pengembangan program pendidikan yang menyasar meningkatkan kesadaran dan pengetahuan anak-anak mengenai pentingnya hidup sehat di era digital.
References
Barlińska, J., Szuster, A., & Winiewski, M. (2013). Cyberbullying among adolescent bystanders: Role of the communication medium, form of violence, and empathy. Journal of Community & Applied Social Psychology, 23(1), 37–51.
Bermejo‐Martins, E., Mujika, A., Iriarte, A., Pumar-Méndez, M. J., Belintxon, M., Ruiz‐Zaldibar, C., & Lopez‐Dicastillo, O. (2019). Social and emotional competence as key element to improve healthy lifestyles in children: A randomized controlled trial. Journal of Advanced Nursing, 75(8), 1764–1781.
Biddle, S. J. H., & Mutrie, N. (2007). Psychology of physical activity: Determinants, well-being and interventions. Routledge.
Calvete, E., Orue, I., Estévez, A., Villardón, L., & Padilla, P. (2010). Cyberbullying in adolescents: Modalities and aggressors’ profile. Computers in Human Behavior, 26(5), 1128–1135.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.03.017
Irmayanti, N. (2020). Pelatihan Assertive dan Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMA Di Sidoarjo. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 18(02).
Irmayanti, N., & Grahani, F. O. (2016). Cyberbullying Di Kalangan Siswa SMA Di Sidoarjo. Conference on Research & Community Services| ISSN, 2686, 1259.
Irmayanti, N., Pranajaya, S. A., Lodo, R. Y., Haluti, F., Hariyani, F., Ningsih, D. R., … Uce, L. (2023). Psikologi Anak. Global Eksekutif Teknologi.
Maya, N. (2015). Fenomena cyberbullying di kalangan pelajar. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(3).
McAuley, C., & Rose, W. (2010). Child well-being: Understanding children’s lives. Jessica Kingsley Publishers.
Olstad, D. L., Downs, S. M., Raine, K. D., Berry, T. R., & McCargar, L. J. (2011). Improving children’s nutrition environments: A survey of adoption and implementation of nutrition guidelines in recreational facilities. BMC Public Health, 11, 1–12.
Pangrazi, R. P., & Beighle, A. (2019). Dynamic physical education for elementary school children. Human Kinetics Publishers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.