PENDAMPINGAN PRAKTEK IBADAH SHOLAT DHUHA DI SDN WANAWALI CIBATU PURWAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i2.341Keywords:
Mentoring, Discipline, Dhuha PrayerAbstract
Siswa dibimbing untuk melaksanakan shalat Dhuha sesuai dengan syariat Islam. Dengan demikian santri tidak melakukan kesalahan dalam melaksanakan shalat dhuha dan dapat melaksanakan shalat dhuha dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan dalam islam. Tujuan mengiringi shalat Dhuha dalam hal ini adalah untuk membiasakan diri dalam melaksanakan shalat Sunnah Dhuha. Dengan membiasakan shalat sunnah dhuha dapat meningkatkan sikap disiplin, tanggung jawab dan kemandirian. Sedangkan metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode PAR yang dilakukan secara bertahap. Apa yang diharapkan dari pendampingan melalui amalan sholat sunnah selain ibadah wajib. Dengan membiasakan melaksanakan Sholat Dhuha sesuai waktu yang telah ditentukan maka siswa dapat membiasakan diri untuk melaksanakan Sholat Dhuha pada waktu yang ditentukan pihak sekolah sesuai dengan ajaran Islam, selain itu juga akan menjadikan siswa lebih disiplin baik dalam melaksanakan Sholat Dhuha maupun dalam kegiatan lain. Selain itu, siswa dibiasakan untuk tertib mengantri saat mengambil air wudhu. Dengan membiasakan mengantri siswa dapat lebih tertib dan teratur dalam mengambil air wudhu maupun dalam kegiatan lainnya. Dengan mengantri siswa juga diajarkan tentang kesabaran ketika menunggu giliran mengambil air wudhu.
References
Ali, I. G. A. P., Huri, M., & Zuraidah, Z. (2022). E EFEKTIFITAS METODE PEMBIASAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAKSANAAN SHALAT DHUHA SISWA SD NEGERI 3 GADUNGAN KECAMATAN PUNCU, KABUPATEN KEDIRI. Jurnal Pemantik, 1(1), 58–68.
Hayati, U. (2017). Nilai-Nilai Dakwah; Aktivitas Ibadah Dan Perilaku Sosial. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(2), 175–192.
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195–200.
Indana, N. (2022). Sholat Dhuha Dalam Peningkatan Akhlak di MI Al-Urwatul Wutsqo Jombang. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 29(02), 86–95.
Khairally, E. T. (2023, juni Rabu, 14). Dipetik Maret Sabtu, 02, 2024, dari detik hikmah : https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6770085/tata-cara-sholat-dhuha-bacaan-doa-serta-keutamaannya#:~:text=Sholat%20dhuha%20afdhalnya%20dilaksanakan%20pada%20pagi%20hari%20di%20saat%20matahari%20sedang%20naik.&text=Artinya%3A%20Allah%20Azza%20wa%20Ja,cu
Mahmud, B. (2019). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini.
Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87.
Munif, A. (2022). Pendampingan Pengembangan Manajemen dan Pengelolaan Madrasah Tsanawiyah “Nurul’Ula” Jamsaren Kota Kediri. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 20(2), 220–234.
Muzammil, A. F., & Amiruddin, F. (2021). Pendampingan Kedisiplinan Santri Ma’hadusshibyan Melalui Sholat Dhuha Berjamaah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 2(1), 57–74.
Nurhadi, R., Lubis, M., & Khomaeny, E. F. F. (2022). Pengaruh Gerakan Sholat Dhuha Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Unsur Keseimbangan Anak Usia 5-6 Tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(1), 110–120.
Santosa, A. D., Yusoh, S., Subandono, A., Al Mubarok, A. A. S. A., & Surur, A. M. (2022). Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa MTs al-Amien Kota Kediri Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 129–143.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SEMANGGI : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.