PELATIHAN E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KEBON KOSONG JAKARTA PUSAT

Authors

  • Rutinaias Haholongan Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Devina Priscillia Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Mutiara Sakinah Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Raihan Hamim Fadillah Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Revaldo Darmawan Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia
  • Ririn Yustianingsih Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i1.343

Keywords:

e-commerce; UMKM; Peningkatan Pendapatan

Abstract

Masih banyak UMKM yang belum mengenal adanya keberadaan e-commerce, dan masih  banyak UMKM yang melakukan transaksi secara manual. Saat ini kemunculan e-commerce memberikan dampak yang sangat  positif bagi UMKM dan sangat membantu dalam menunjang kegiatan promosi dan penjualan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce terhadap peningkatan penjualan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Objek penelitian ini adalah Zona Warkop di Kebon Kosong, Kota Jakarta Pusat. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk pengenalan dan peltihan  e-commerce dalam pelaksanaan kegiatan penjualan, serta diharapkan dapat mengembangkan ide-ide kreatifnya demi menyeimbangi gaya hidup masyarakat saat ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keunggulan berjualan melalui e-commerce adalah mudah diakses oleh UMKM melalui telepon selulernya dan sangat mudah untuk berbagi foto dan video serta memberikan deskripsi produk yang menarik sehingga konsumen tertarik

Downloads

Published

2024-04-25