PENYULUHAN ANTI BULLYING PADA ANAK KELAS 5 DAN 6 SD DI SDN 1 TEGAL BINANGUN TANGGAMUS

Authors

  • Ratna Tri Utami Tugi Rahayu Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Maulidya Khairani Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Rr Andini Zulto Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Sabrina Az Zahra Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v3i2.355

Keywords:

kasus bullying pada anak

Abstract

Bullying adalah tindakan kekerasan yang sering terjadi dilingkungan sekolah. Bullying mempunyai beberapa bentuk yaitu verbal, fisik, pemikiran, dan cyber bullying. Semua bentuk bullying mempunyai dampak pada psikis atau kejiwaan korban. Akan tetapi, meskipun masalah ini terbilang urgen, masih banyak anak yang sebagai pelaku tidak mengetahui bahwa yang dilakukan termasuk perilaku bullying. Salah satu lokasi yang sedang mengalami permasalahan bullying yaitu SD Negeri 1 Tegal Binangun. Siswa-siswi di SD Negeri 1 Tegal Binangun karena notabene dari Pekon Tegal Binangun, berdampak ke culture yang ada di lingkungan sekolah. Intensitas bertemu antar teman baik di rumah atau di sekolah, menjadikan mereka lupa esensi tata krama meskipun mereka terpaut usia. Memperolok adik tingkat kelas hanya dengan nama orang tua, mengejek anggota tubuh yang tidak ideal ataupun menghasut teman-teman dalam kelompok untuk tidak berkomunikasi dengan korban. Sehingga diperlukan penyuluhan atau pengenalan tentang bullying  di sekolah agar siswa-siswi bisa memahami apa yang dimaksud dengan bullying. pada hari Rabu, 31 Juli 2024 dilakukan penyuluhan anti bullying di SD Negeri 1 Tegal Binangun. Dalam penyuluhan terdapat tiga tahapan kegiatan pengabdian yaitu tahap persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kinerja program. Tahap persiapan, tim melakukan pengajuan surat ijin untuk melakukan penyuluhan dan mendapatkan ijin untuk melakukan penyuluhan di kelas 5 dan 6 karena berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa jumlah kasus bullying yang dialami paling banyak dikelas 5 dan 6. Kemudian pelaksanaan kegiatan yaitu penyampaian materi penyuluhan pada siswa kelas 5 dan 6. Penyampaian materi diawal dalam bentuk ceramah kemudian diakhir dirubah strateginya yaitu materi dikemas dengan lagu. Siswa siswi lebih antusias dan mudah menghafal perbedaan antara perilaku bullying dengan perilaku non-bullying. setelah dilakukan penyuluhan, ada kegiatan visitasi untuk memantau apakah telah terjadi penurunan kasus bullying. selama 40 hari dilakukan pemantauan dan setiap pekan, terjadi penurunan.   

References

Adi Santoso. (2018). Pendidikan anti Bullying. Majalah Ilmiah “Pelita ilmu”. Vol.1 No.2, ISSN: 2656-4467

Arum S., Siti Irene A.D. (2020). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Di sekolah Dasar untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Elementary School 7 hal. 188-196, p-ISSN 2338-980X e-ISSN 2502-4264 Vol. 7 No. 2.

Hariyanti Wibowo, dkk. (2021). Fenomena Perilaku Bullying Di Sekolah. Volume 1, Number 2, pp.157-166 ISSN 2798-8643 (cetak) ISSN 2798-88686 (online) DOI:10.30998/ocim.v1i2.5888

Hengki Yandri. (2014). Peran guru BK/Konselor Dalam Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah. Jurnal Pelangi, https://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/pelangi Vol. 7 No.1 Desember 2014 (97-107), http://dx.doi.org/10.22202/jp.2014.v7i1.155

Maemunah, dkk. (2023). Peran Guru PPKn Melalui Pembimbingan Intensif sebagi Upaya Pencegahan Bullying di sekolah. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian p-ISSN 2338-9680 e-ISSN 2614-509X Vol.11 No. 1 Maret 2023, Hal. 43-50.

M. Nur, dkk. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol.6, No.3, 2022 DOI 10.35931/am.v6i3.1054 P-ISSN: 2620-5807; E-ISSN: 2620-7184.

Savi Dia Ningrum, dkk. (2015). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Bullying Di sekolah Pada Siswa SMA. Jurnal Indigenous Vol.13, No.1, Hal. 29-38, ISSN: 0854-2880

Wiyanda W.N., Heru P. (2024). Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku “Bullying” pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol.9 No.1, Hal. 11-21 p-ISSN: 2614-7092, e-ISSN: 2621-9611 Terbit Online pada laman Web: http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala email: [email protected]

Wiwied Widiyanti. (2019). Mengenal Perilaku Bullying di sekolah. Islamic counseling : Jurnal Bimbingan dan Konseling islam Vol.3, no.1, p-ISSN 2580-3638; e-ISSN 2580-3646 http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JBK

Downloads

Published

2024-10-31