PSIKOEDUKASI PARENTING BAGI IBU MUDA TENTANG BAHAYA GADGET PADA ANAK USIA DINI DI DESA KEDUNGOTOK

Authors

  • Muhammad Vicky Ferdiansah Universitas Darul Ulum Jombang
  • Rini Winarsih Winarsih Universitas Darul Ulum Jombang
  • Afan Maulana Septian Universitas Darul Ulum Jombang
  • Basyid Firnanda Universitas Darul Ulum Jombang
  • Bhayu Aji Setiawan Universitas Darul Ulum Jombang
  • Abdulah Mubarak Universitas Darul Ulum Jombang
  • Mohammad Iqbal Hanafi Universitas Darul Ulum Jombang
  • Lukman Hakim Universitas Darul Ulum Jombang
  • Ilham risqi Fadilah Universitas Darul Ulum Jombang
  • Edi Suprianto Universitas Darul Ulum Jombang
  • Devano Ilham Resaldi A Universitas Darul Ulum Jombang
  • Zanuar Faudino Saputra Universitas Darul Ulum Jombang
  • Intan Sekar Novitasari Universitas Darul Ulum Jombang
  • Fahad Fahad Universitas Darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.38156/sjpm.v4i1.359

Keywords:

Kemajuan teknologi, Bahaya gadget, Psikoedukasi parenting.

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan dampak bagi setiap elemen individu, baik secara komunikasi, pengembangan informasi, serta hiburan. Di masa sekarang, Ibu yang tidak memiliki waktu lebih kepada anak karena disibukkan dengan pekerjaan memilih untuk memberikan gadget kepada anak sebagai pengalihan perhatian pada anak.  Hal ini menyebabkan berbagai dampak positif maupun negatif bagi anak-anak. Dampak positif meliputi pemenuhan informasi yang lebih mudah, sedangkan untuk dampak negatif meliputi kecanduan, gangguan konsentrasi, sulit menerima nasihat. Bahaya gadget pada anak usia dini merupakan hal yang perlu harus dipahami oleh orang tua yang ingin memiliki anak dengan tumbuh kembang yang optimal. Peran orang tua sangat utama dalam mencegah dampak negatif tersebut dengan memberikan beberapa metode seperti membangun komunikasi yang  baik dengan anak, memberikan batasan dalam menggunakan gadget, membuat kedekatan emosi dengan anak. Psikoedukasi parenting diharapkan memberikan pemahaman secara detail terkait dampak secara sosial maupun klinis. Pemahaman tersebut dapat dijadikan pedoman bagi ibu untuk lebih aktif mengawasi anak dengan gadget yang digunakan, sebagai salah satu cara menjaga tumbuh kembang anak.

References

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356– 368. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159 .

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Maulida, Hidayahti. 2013. Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 2013. Semarang: FKIP Universitas Negeri Semarang.

Murni., (2017)., Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun, (Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry), No. 1, Vol. 3 Januari-Juni 2017, 20.

Mutiah. Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurhakim, S. (2015). Dunia komunikasi dan gadget: Evolusi alat komunikasi, menjelajah jarak dengan gadget. Zikrul Hakim Bestari.

Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1). https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Downloads

Published

2025-04-25

Issue

Section

Articles