PENINGKATAN BUDAYA LIVING THE HOLY QUR’AN DI DESA KEDUNGOTOK KECAMATAN TEMBELANG
DOI:
https://doi.org/10.38156/sjpm.v4i1.360Keywords:
Living The Holy Qur’an, Tahsin Qur’an, desa KedungotokAbstract
Peningkatan intelektualitas dan spiritualitas di era industry 5.0 kiranya sangat penting. Living The Holy Qur'an merupakan suatu upaya untuk membuat seorang hamba lebih dekat dengan penciptanya, Allah SWT. Ada banyak metode yang digunakan dalam Living The Holy Qur’an. Living The Holy Qur’an di desa Kedungotok sendiri menggunakan tiga metode yakni Tahsin Al-Qur’an, ceramah, dan habituasi. Metode Tahsin Qur’an diaplikasikan kepada peserta didik yang ada pada 3 TPQ di desa Kedungotok dengan cara menekankan ketepatan tajwid dalam membaca Al-Qur’an. Adapun metode ceramah dan habituasi diaplikasikan kepada masyarakat desa Kedungotok secara Umum. Metode ceramah dilakukan dengan penyelenggaraan Pengajian umum yang dihadiri warga desa kedungotok, sedangkan metode habituasi dilakukan dengan membagikan dan menempelkan stiker di depan rumah warga. Tiga metode yang telah di lakukan diharapkan mampu meningkatkan budaya Living The Holy Qur’an di desa Kedungotok sehingga prosentase hablun minallah masyarakat sekitar menjadi lebih baik serta sebagai upaya mencetak Generasi Qur’ani menuju Indonesia Emas 2045.
References
Ghoni, A., & Saloom, G. (2021). Idealisasi Metode Living Qur'an. Himmah.
Hamli, & Purnamasari, S. (2021). Pembelajaran Tahsin Pada Taman Pendidikan Al-Qur'an Di Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu. Moderation, 115-122.
Masruri, H. A. (2023). Kajian Metode Penelitian Tafsir Living Qur'an.
Mualim, & Madinah, D. (2022). Mensyiarkan Program Tahfidz dan Tahsin Al-Qur’an. Jurnal JPMF, 173-180.
Wahidi, R. (2013). Hidup Akrab Dengan Al-Qur'an ; Kajian Living Qur'an Dan Living Hadits Pada Masyarakat Indragiri Hilir Riau. Turats.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nila Chusbiyah, Crisafa Naufal R, Kriswantoro Kriswantoro, Basyid F, Bintang Aditya, M Alif F, Yogi Kinanta P.P, Nofan Ardiansyah, M. Yusril Izza M, M Afif Dwi Wijaya, Bima Satya P, M Dimas S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.